Hari Pertama Mengajar PAUD

Candraning Koes Primastahta
1801419991
Finance, LA55

Selasa, 14 Maret 2015 adalah hari dimana saya beserta kelompok saya mengajar PAUD untuk memenuhi jam service sebagai syarat kelulusan di Universitas Bina Nusantara. Selain hari pertama, hari itu pun menjadi pengalaman yang baru bagi kita semua. Kami mengajar disalah satu PAUD daerah Kabupaten Tangerang yaitu Rumah Mutiara adalah nama PAUD tempat kami mengajar yang beralamat dijalan Blok B 44 No.10 Kecamatan Curug. Kami beranggotakan 6 orang yang semuanya dari jurusan Finance, Bina Nusantara Alam Sutra.

Pada hari pertama kita datang jam 08.00 WIB disambut ceria dengan mereka semua yang sangat kelihatan antusias dan semangat. Kelas PAUD disana hanya ada satu kelas, oleh karena itu kami semuanya masuk kedalam dengan wajah ceria karena tidak sabar melihat mereka yang menggemaskan pastinya. Dibawah ini adalah kondisi ruangan kelas mereka, yakni tempat mengajar kami. dengan fasilitas yang memadai seperti alat peraga warna, hewan, angka, dll.

IMG_0462

Sebelum memulai kegiatan kita diperkenalkan terlebih dahulu oleh Ibu Guru mereka, melihat muka-muka mereka yang menggemaskan karena rasa ingin tahu yang lebih pada saat kami memperkenalkan diri. Selanjutnya kita memulai pengajaran yang diawali dengan berdo’a menurut agama masing-masing, setelah itu kita mulai kegiatan pertama kita yaitu belajar menghitung dari angka 1 sampai dengan 10 menggunakan bahasa Inggris. Saya terkejut sekali melihat mereka yang usianya sekitar 4 sampai 5 tahun sudah bisa menghafal dan mengetahui dengan cermat. Agar tidak membosankan kita bermain games, gamesnya siapa yang berani maju berhitung 1 sampai 10 dengan bahasa Inggris yang lancar akan kita kasih hadiah. Setelah saya berbicara seperti itu mereka awalnya malu-malu ada yang angkat tangan tapi di turunkan lagi, ada yang berdiri tapi duduk lagi. Akhirnya Ibu Guru pun berbicara supaya jangan malu-malu kepada kami, dan beliau bilang mereka malu-malu karena kami orang baru untuk mereka. Untuk mengajak mereka maju akhirnya kita semua berpencar dan mengajak mereka kedepan. Ternyata cara itu berhasil, mereka semua mau dan berani untuk berbicara didepan teman-temannya dan juga kami, ada 5 orang anak yang maju dan berhitung dengan lancar lalu kami kasih hadiah sesuai dengan janji kami. Ternyata ada salah satu anak yang mengalami gangguan atau keterbelakangan yang sejak awal dia hanya tiduran tengkurap dan menulis-nulis dikertas.

Kegiatan selanjutnya adalah seni lipat, kami membagikan kertas warna dan mengajarkan mereka cara membuat perahu dan juga pesawat. Terlihat sangat ambisi mereka dalam membuat dua buah alat Transportasi tersebut. Setelah membuat keduanya kami lanjutkan dengan pertanyaan-pertanyaan seputar Transportasi. Mulai dari nama-nama pengemudi alat Transportasi seperti Pilot, Nakoda, Supir, dll. 

FullSizeRender

Kegiatan ketiga pada hari itu adalah mengenal warna dengan bahasa Inggris, mereka dengan aktifnya mau mengikuti kita pada saat menerangkan warna-warna dengan alat peraga dari PAUD nya. Disini kami membuat games lagi yaitu, menebak warna dengan benar menggunakan bahasa Inggris. Pada saat kami memulai games tersebut, mereka dengan sangat aktifnya mengangkat tangan mereka dan berebutan ingin menjawab dengan suara yang cukup keras dari mulut-mulut kecil mereka dan juga jawaban benar yang dilontarkan.

Setelah asik bermain games tersebut ternyata tak terasa waktunya pulang, yaitu pukul 09.00 WIB. Sebelum pulang kami bernyanyi bersama dulu dan mereka mengajak kami bernyanyi dengan cerianya mereka. Kami pun bernyanyi bersama, yang dari saya pribadi merindukan dimana masa kecil saya seperti mereka. Seusai menyanyi ternyata ada satu tradisi dari PAUD mereka yaitu memngucapkan janji pulang sekolah yang isinya tidak lain seberti mngucap salam, buka sepatu, ganti baju, salim kepada orang tua, makan siang lalu tidur siang. Barulah kami semua membaca do’a mau pulang, dan diakhiri dengan foto bersama dihalaman bermain PAUD nya. Dibawah ini adalah hasil foto bersama dengan Ibu Guru, Anak-anak PAUD yang jumlahnya kurang lebih 20 orang dan anggota kelompok kami.

IMG_0235

Berikut foto-foto keceriaan kami bersama anak-anak PAUD.

IMG_0466


Nilai Pancasila yang saya dapatkan yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa karena mereka menjalani perintah agama sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung dengan berdo’a bersama.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab diantara mereka ada yang mempunyai keterbelakangan mental, tetapi Ibu Guru tidak membedakannya satu sama lain melainkan mengajaknya untuk berbaur.
  3. Persatuan Indonesia walaupun disana terdapat banyak perbedaan ras dan suku serta agama, bisa menyatu dengan damai. Karena tidak semuanya anak-anak PAUD Rumah Mutiara beragama Islam dan juga anggota kami.
  4. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia semua masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pendidikan usia dini yang akan menjadi bekal mereka di pendidikan selanjutnya.

About cndrkp

Contact : cndrkp@gmail.com Another Media Social (Instagram, Twitter) : @cndrkp
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *