DV RUN 2016

Print

Candraning Koes Primastahta

1801419991

FINANCE

No. Registrasi/BIIP : 11132


Minggu, 4 Desember 2016 (06.00-10.00 WIB), Pasar Seni Ancol.

Saya melakukan kegiatan social sebagai participant di dalam acara DV RUN 2016, acara yang di selenggarakan oleh UKM KMBD Binus University dengan tema “Unleash The Hero in You”. Tema tersebut di ambil dengan harapan kita semua dapat membantu memperjuangkan hak-hak dasar anak Indonesia yang kurang beruntung terutama di bidang pendidikan dengan memberikan sumbangan berupa uang, buku, dan peralatan penunjang proses mengajar lainnya kepada yayasan/organisasi yang bergerak untuk terwujudnya hak-hak dasar anak untuk bertahan hidup, bertumbuh kembang, memperoleh perlindungan dan berpartisipasi. 


Alasan saya mengikutin acara DV RUN 2016, di samping saya menyukai kegiatan social seperti ini, saya ingin membantu memperjuangkan hak dasar yang di miliki anak Indonesia terutama yang kurang beruntung di bidang pendidikan. Dengan mengalokasikan dana pendaftaran untuk memberikan sumbangan berupa uang, buku dan peralatan penunjang proses belajar mereka kepada yayasan atau organisasi yang bergerak di bidang ini. Kami mendapatkan timbal balik yaitu berupa Fun Run di Pasar Seni Ancol. Acara ini sangat meriah dilengkapi dengan guest star dan sponsor yang berpartisipasi dalam event ini. Selain itu, saya juga ingin membantu anak-anak Indonesia yang mempunyai mimpi dan cita-cita yang tinggi namun untuk mewujudkannya terhalang oleh pendidikan. 

DV RUN ini cukup unik, karena saya baru pertama kali mengikutin event Fun Run yang di jalur track nya terdapat Obstacles. Obstacles di sini menurut saya memberikan fungsi untuk membangkitkan semangat para pelari karena bosan dengan jalur track atau karena sudah lelah berlari, dengan di adakannya Obstacles ini membuat kami bersemangat melanjutkan Fun Run sampai di garis finish.

Pada saat kami sampai di garis finis, kami di berikan medali langsung dengan anak-anak jalanan, mereka berkisar umur 6-12 tahun. Mereka sangat ramah pada saat mengalungi kami medali yang di nyatakan kami telah selesai berlari 5K, dengan keramahan yang mereka berikan seperti ucapan selamat dan senyuman semangat mereka membuat saya lupa akan kelelahan saya sebelumnya.

Motivasi yang saya berikan kepada teman-teman anak jalanan dan juga aktivis sosial untuk anak jalanan. Teruslah kalian bermimpi setinggi-tingginya, karena mimpi salah satu hal yang indah di bayangkan sehingga ingin menjadi kenyataan, dengan kalian sudah mempunyai mimpi yang indah jangan lupa secara perlahan di wujudkan kedalam kehidupan nyata, dengan usaha, do’a dan juga mengucapkan rasa bersyukur terus menerus dalam keadaan apapun kepada Tuhan, karena semua rencana Tuhan pasti baik bagi Ummatnya.


Informasi Anak Jalanan di Indonesia

Saat ini, kata Mensos, data anak telantar ada 4,1 juta anjal dan anak yang dieksploitasi 35 ribu anak. Sementara, KPAI merilis ada 18 ribu anak korban eksploitasi. Ada beberapa daerah yang sudah memberikan layanan dan perlindungan terhadap anak melalui RPSA, misalnya di Provinsi Jawa Timur, Sulawesi Selatan, serta DI Yogyakarta. Pelayanan dan perlindungan terhadap anak melalui RPSA. Pada prinsipnya, tidak sekadar bangunan fisik dilengkapi ruangan yang berbentuk shelter atau save house, melainkan juga harus dilengkapi fasilitas penunjang. Kelengkapan RPSA di masing-masing daerah bisa disinergikan dengan Kemensos, sehingga bisa disediakan para kanselor sesuai SOP pengasuhan ditambah tim trauma konseling dan trauma healing. Peran pemda dan jajaran kepolisian di seluruh Indonesia, dalam memberikan perlindungan terhadap anak membutuhkan kanalisasi RPSA melalui rumah perlindungan atau save house.

Sarana yang tersedia di masyarakat untuk membantu anak jalanan adalah, semangat dan dukungan yang di berikan dari masyarakat, serta menyediakan save house bagi mereka yang terlantar di jalan.


Foto-foto Kegiatan DV RUN 2016

FullSizeRender 22

Sebelum memulai Kegiatan DV RUN 2016


FullSizeRender 23

Pada saat Persiapan memulai DV RUN 2016


IMG_0133

Pada saat mengikutin kegiatan DV RUN 2016


IMG_0154

Pada saat menyelesaikan 5k

FullSizeRender 21

Bersama anak jalanan yang memberikan kami medali finish


FullSizeRender 20

Booth Foto yang di sediakan oleh UKM KMBD

About cndrkp

Contact : cndrkp@gmail.com Another Media Social (Instagram, Twitter) : @cndrkp
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *