Hari Ke-Empat Mengajar PAUD

Candraning Koes Primastahta 1801419991
Finance, LA55
PAUD Rumah Mutiara (20 orang anak)
Mengajar ke-20 orang anak PAUD

Community Service
Print



Selasa, 19 Mei 2015 adalah hari Ke-Empat yang sekaligus hari terakhir kami mengajar di Rumah PAUD Mutiara untuk memenuhi jam service sebagai syarat kelulusan di Universitas Bina Nusantara.

Pada hari ini kita datang jam 07.30 WIB. Karena mulai kelas jam 08.00 WIB kami menunggu anak-anak PAUD 30 menit dengan perasaan yang gembira dan sudah tidak sabar untu mengajar mereka dengan canda tawa mereka. Kondisi ruangan kelas mereka masih sama seperti di hari Pertama, Kedua dan Ketiga dengan fasilitas yang memadai seperti alat peraga warna, hewan, angka, dll.

Pada hari ini Rumah PAUD Mutiara mengadakan ulangan untuk kenaikan mereka ke jenjang pendidikan selanjutnya. Ibu Guru menyebutnya dengan THB. Di soal THB tersebut ada tambah-tambahan & pengurangan dengan gambar-gambar buah, mengenal jam, dan mengenal lebih besar angka, kecil atau sama dengan, menggunakan tanda (<,>,=).

IMG_2706

Kami juga membantu mereka dalam mengerjakan soal-soal tersebut, terlihat sekali mereka sangat pintar diumur mereka. Mengajarkan berhitung dengan jari dan mulut yang kami lakukan. Dan saya melihat keseriusan mereka dalam mengerjakan semua soal-soal THB tersebut. Entah mengapa saya sangat bangga karena mereka sangat antusias dalam mengerjakan soal-soal tersebut.

IMG_2707

Setelah selesai mengerjakan tugas THB tersebut kami membagikan snack ringan sebagai hadiah karena mereka telah menyelesaikan tugas mereka. Hari ini beda dengan hari-hari kami mengajar sebelumnya, karena ditutup dengan senam terlebih dahulu oleh Ibu Guru dan kami mengikuti mereka. Sangat lucu dan menggemaskan bagi saya pribadi yang merindukan masa kecil di usia mereka.

IMG_2708

Setelah senam selesai kami akhirnya membaca do’a pulang karena jam pun sudah menunjukkan pukul 09.00 WIB dengan menyanyi bersama dan tradisi mereka mengucapkan Janji PAUD mereka. Ini merupakan pengalaman yang saya tidak dapat diluar sana, dengan adanya kegiatan community jam service yang diadakan oleh Teach For Indonesia, Universitas Bina Nusantara sangat memberikan saya pengalaman yang luar biasa, dan bisa membuat saya sadar akan pentingnya pendidikan untuk usia dini disamping untuk mereka pribadi dan juga untuk kemajuan bangsa kita sendiri. Dan membuat saya lebih semangat lagi dalam menambahkan ilmu di dunia perkuliahan ini. Kami pasti akan merindukan keceriaan yang mereka buat pada saat menyambut kedatangan kami. Sukses buat kalian semua para penerus bangsa ini 🙂


 

Nilai Pancasila yang saya dapatkan yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa karena mereka menjalani perintah agama sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung dengan berdo’a bersama hendak mengerjakan soal-soal THB tersebut.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Kami membagi rata snack yang kami berikan dengan menyelesaikan tugas mereka menjawab soal-soal THB dan semua anak PAUD mendapatkan snack tersebut.
  3. Persatuan Indonesia walaupun disana terdapat banyak perbedaan ras dan suku serta agama, bisa menyatu dengan damai. Karena tidak semuanya anak-anak PAUD Rumah Mutiara beragama Islam dan juga anggota kami.
  4. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia semua masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pendidikan usia dini yang akan menjadi bekal mereka di pendidikan selanjutnya.

About cndrkp

Contact : cndrkp@gmail.com Another Media Social (Instagram, Twitter) : @cndrkp
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *