Hari Kedua Mengajar PAUD

Candraning Koes Primastahta
1801419991
Finance, LA55
PAUD Rumah Mutiara (20 orang anak)
Mengajar ke-20 orang anak PAUD

Community Service
Print

Selasa, 5 Mei 2015 adalah hari kedua mengajar di PAUD Mutiara untuk memenuhi jam service sebagai syarat kelulusan di Universitas Bina Nusantara.

Pada hari kedua kita datang jam 07.30 WIB. Karena mulai kelas jam 08.00 WIB kami menunggu anak-anak PAUD 30 menit dengan perasaan yang gembira dan sudah tidak sabar untu mengajar mereka dengan canda tawa mereka. Kondisi ruangan kelas mereka masih sama seperti di hari Pertama dengan fasilitas yang memadai seperti alat peraga warna, hewan, angka, dll. Ini adalah kondisi kelas di hari Kedua.

IMG_2254

Seperti biasa sebelum memulai kegiatan belajar kami berdo’a dengan agama masing-masing. Setelah kita semua berdoa kita mulai mengajar pada hari itu. Di hari Kedua kami mengajar memperkenalkan hewan-hewan mulai dari hewan peliharaan, hewan dimarga satwa, sampai hewan yang hidupnya di laut, darat, dan udara. Tak lupa pula, memberitahu mereka tentang makanan hewan-hewan tersebut. Dan memberitahu mereka nama-nama hewan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kami membawa gambar hewan yang di pergunakan sebagai alat mengajar kami, dan juga menggunakan alat peraga dari PAUD tersebut yang sangat membantu proses mengajar kami. Foto dibawah memperlihatkan bahwa mereka mempunyai rasa ingin tahu tentang hewan-hewan tersebut, di foto ini mereka sedang mendengarkan salah satu dari kami menerangkan hewan-hewan yang ada dialat peraga.

IMG_2255

Setelah asik memperkenalkan hewan-hewan kepada mereka, jam makan pun tiba. Mereka semua membawa bekal masing-masing yang di bawa dari rumah. Sebelum makan kita terlebih dahulu membaca do’a dengan yang beragama Islam dipimpin oleh Bu Guru dan yang non Islam membaca do’a didalam hati. Setelah membaca do’a mereka pun makan, melihat mereka makan dengan lahap dan wajah mereka yang menggemaskan. Seperti ini muka mereka yang lucu-lucu.

IMG_2257

Selanjutnya dilanjutkan dengan permainan menebak nama-nama hewan yang sudah kita ajarkan tadi dengan menggunakan bahasa Inggris dan mereka sangat antusias pada saat menebak nama-nama hewan tersebut. Dan yang berhasil menebaknya kami berikan snack sebagai hadiah untuk mereka. Berikut foto keseruan kita.

IMG_2258

IMG_2259

Setelah asik bermain tebak-tebakan nama hewan, jam 09.00 WIB dimana ngajar mengajar PAUD telah selesai dan kita semua bernyanyi dan seperti biasa tradisi mereka yaitu mengucapkan janji PAUD yang ditutup dengan membaca do’a pulang bersama-sama. Hari yang melelahkan dibayar dengan senyuman manis dan keceriaan mereka semua ^-^


Nilai Pancasila yang saya dapatkan yaitu:

  1. Ketuhanan Yang Maha Esa karena mereka menjalani perintah agama sebelum dan sesudah kegiatan berlangsung dengan berdo’a bersama dan hendak mau makan.
  2. Kemanusiaan Yang Adil Dan Beradab Kami membagi rata snack yang kami berikan dengan menjawab nama-nama hewan dengan menggunakan bahasa Inggris, dan semua anak PAUD mendapatkan snack tersebut.
  3. Persatuan Indonesia walaupun disana terdapat banyak perbedaan ras dan suku serta agama, bisa menyatu dengan damai. Karena tidak semuanya anak-anak PAUD Rumah Mutiara beragama Islam dan juga anggota kami.
  4. Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia semua masyarakat Indonesia berhak mendapatkan pendidikan usia dini yang akan menjadi bekal mereka di pendidikan selanjutnya.

About cndrkp

Contact : cndrkp@gmail.com Another Media Social (Instagram, Twitter) : @cndrkp
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *